Hitungan Biaya Membangun Rumah dari Nol, 12 Komponen Penting!

Memiliki rumah impian dengan hasil sendiri memang lebih membangkan tentu saja daripada mendapatkan warisan apalagi harus kredit di bank secara KPR.

Namun demikian secara umum di tahun 2019 ini memang memiliki rumah menjadi salah satu hal yang bisa dikatakan sangat sulit jika kita menjadi seorang karyawan biasa yang hanya bergaji UMR saja. Maka tentu saja pilihan dengan cara KPR di bank atau devloper menjadi banyak pilihan umum yang di ambil para pasangan muda saat ini yang enggan satu rumah bersama mertua misalkan.

Biaya Membangun Rumah dari Nol

Tentu saja penulis tidak mempermasalahkan mau menggunakan KPR, atau ngontrak dulu, ngekos dulu semuanya memang pilihan orang masing masing lengkap dengan pertimbangan matang mereka. Namun jika anda tahu ada sedikit strategi mudah sebenarnya bagaimana sih cara anda supaya bisa memiliki rumah dengan tidak bergantung pada cicilan bank yang dimana lamanya sampai puluhan tahun.

Ya, salah satu cara termudah yang bisa admin berikan adalah yakni ” Bersabar”. Kebanyakan memang pasangan muda yang sama sama bekerja neh kita ambil saja contoh kasusnya demikian, dimana gengsi tinggi dan mereka kebanyakan mengambil KPR dengan alasan gaji suami hanya 30% saja kok buat nyicil jadi ngapain berlama lama nabung sampai membeli rumah secara tunai bahkan tentunya sampe pusing pusing membangun dari NOL.

Contoh kasus diatas memang tentu saja keliru. Dimana tentunya bukan hanya rumah nantinya yang menjadi tanggungan anda. Dimana gengsi pasangan muda saat ini memang teramat melampaui batas dimana mereka lebih suka tinggal di rumah kredit kemudian menggunakan mobil kredit ketimbang membeli dengan tunai dengan melewati masa masa kesbaran.

Dilain kesempatan akan admin bahas bagaimana tehnik mudah dalam memiliki rumah dengan gaji pas pasan.

Dalam ulasan ini kita fokuskan dulu deh mengenai materi kita yakni cara menghitung biaya membangun rumah mulai dari nol artinya lengkap dengan harga tanah tentu saja yuk kita kupas satu persatu guys.

Hitungan Detail Biaya Membangun Rumah

Hitungan Detail Biaya Membangun Rumah

Sebenarnya membuat rumah adalah sebuah kewajiban bagi semua orang karena akan menjadi tempat tinggal anak anak mereka di masa tua. Biaya membangun rumah ini akan kita bagi menjadi 2 tahap dimana kita akan mencoba hitung dulu neh berapa kira kira rincian harga material dari yang terkecil seperti paku, kemudian batu, pasir dan yang lainya. Setelah itu tentu saja kita akan mencoba memperediksi ongkos tukang baik untuk yang borongan sampai jadi atau yang harian dimana bisa anda simak selengkapnya dalam ulsan berikut ini.

Rincian Harga Tanah

Yang pertama tentu saja anda harus memiliki lahan berupa tanah. Harga tanah sekarang taruhalah anda membangun di wilayah kota madia misalkan dimana harga tanah per ubin Rp. 100,000,00 jika anda ingin memiliki hunian dengan luas 10m persegi maka anda membutuhkan bajed sekitar 100 juta ini untuk harga tanahnya doang belum untuk urukan jika tanah anda tidak rata maka kita genapkan saja misalnya 120 juta bersih.

Rincian Harga Bahan Bangunan

Untuk harga bahan bangunan ini memang sangatlah banyak namun akan admin coba detail sehingga sahabat tidak bingun dimana ada beberapa komponen bahan bangunan yang memang lumayan mahal saat ini yuk kita coba hitung.

  1. Total Biaya untuk membuat Pondasi ( Biaya untuk pondasi baik berupa semen, kemudian batu, pasir, benang, ditotal dengan luas lahan diatas sekitar 5 juta.
  2. Kemudian Hebel atau anda juga bisa menggunakan bata merah. Dimana trend bangunan sekarang menggunakan bata ringan di mana harga perkubik sekitar 750 ribu dengan luas bangunan 10 meter persegi maka setidaknya anda membutuhkan hebel sebanyak 10 kubik maka bisa diambil pengahbisan sekitar 8 juta.
  3. Besi : Untuk besi sendiri jika hanya lantai satu maka tidak banyak mengahbiskan besi dimana anda hanya membutuhkan besi 12 dan 10 saja bisa dirata rata skitar 100 lonjor dimana perlonjor harganya berbeda beda sekitar 30 sampai dengan 60 ribu maka kita ambil jalan tengah untuk besi sendiri mengahbiskan sekitar 6 juta.
  4. Semen untuk ngaci, dan plester anda bisa menyediakan sekitar 50 sak dimana persak harganya 55 ribu untuk merek tiga roda maka kita dapatkan nilai untuk semen sendiri sekitar 3 juta lah bersihnya.
  5. Kemudian untuk atap anda bisa menggunakan multiroof yang ringan dimana panjangnya 1,22 meter maka anda bisa mengabiskan dana sekitar 4 juta lengkap dengan baja ringan dan rangkanya.
  6. Kasibot atau Gypsum hanya butuh 30 lembar saja per lembar harganya 60 ribu maka siapkan saja bajed sekutar 2 juta dimana akan dilengkapi dengan kain kasa.
  7. Kusen pintu dan jendela, tergantung anda mau menggunakan berapa, diamana harga satu pintu sekarang ini diangka kisaran 1 juta jadi kita kalkulasi saja buat rumah dengan ukuran 10 meter mengahbiskan bajed untuk kusen dan pintu sampai dengan pintu kamar mandi sekitar 7 juta.
  8. Kramik : Jika anda menggunakan kramik yang biasa maka harganya rata-rata sekitar 70 ribu perdus yang isinya 1 meter maka anda membutuhkan bajed untuk kramik sekitar 7 juta lengkap dengan kramik kamar mandi dan dapur.
  9. Kloset jika menggunakan kloset duduk yang paling murah saat ini dengan harga 2 juta namun jika jongkon harganya hanya 100 ribu saja anda sudah dapat.
  10. Cat : untuk cat sendiri dengan ukuran segitu anda bisa sediakan sekitar 150Kg diamana dengan total harga sekitar 1,5 juta.
  11. Kemudian Pagar tralis dan yang lainya permeter 400 ribu maka anda kaliakan saja dengan luas muka depan rumah anda.
  12. Biaya Lain lain : Anda tentu saja harus menyiapkan yang namanya biaya lain lain seperti kopi, kemudian paku, kemudian kabel, lampu, sakral, pipa, konci, dimana kita ambil saja sebesar 5 juta.

Nah 12 komponen diatas bisa anda total dengan rinci dimana memang merupakan sebuah panduan dasar yang bisa kami share dalam memberikana dan gambaran estimasi berapa kira kira biaya yang di habiskan ketika anda membangun sebuah rumah dengan ukuran 10×10 dimana tentu saja bisa lebih kecil sesuai dengan ukuran rumah anda, kemudian juga jenis material yang anda butuhkan bisa di tekan atau malah makin bengkak sesuaikan saja dengan bajed anda.

Rincian Ongkos Tukang Bangunan

Untuk soal ongkos tukang bangunan sendiri saat ini rata rata untuk pembangunan lantai 1 di daerah kota sampai sekarang biaya tukang nya sekitar 1.5 juta namun untuk lantai 2 rata rata 2 juta. Anda tinggal kalikan saja dengan berapa luas bangunan yang akan anda buat misalkan 10×10 maka ongkos tukang yang dibutukan sekitar 150 juta. Intinya dalam hal ini harga material biasanya besarnya berbanding 70:30% dengan ongkos tukang. Buat anda yang memiliki bajed memang lebih baik di borongankan saja daripada harian karena anda akan mengeluarkan banyak biaya tidak terduga seperti makan, minum dan yang lainya.

Kesimpulan

Di akhir tulisan ini admin hanya bisa memberikan saran, dimana membangun rumah sendiri memang lebih mudah dari sisi biaya jika anda ingin besabar daripada harus KPR sampai dengan 10 tahun misalkan. Selain itu keunggulan lainya adalah anda bisa berhenti kapan saja jika memang duit anda sudah limit kemudian bisa di lanjutkan kembali dengan cara anda bisa negkos atau ngontrak dulu. Ok dilain kesempatan akan kami bahas lebih detail lagi semoga ulasan sederhana ini bisa memberikan anda sedikit gambaran berapa kira kira bajed yang harus anda siapkan dalam membangun rumah impian anda.