10 Cara Mengatasi Dak Bocor dengan Mudah

Ada banyak permasalahan yang di alami ketika anda membangun sebuah rumah lantai 2 salah satunya adalah masalah dak yang bocor, kemudian rembes sampai dengan mengembun.

Pengalaman saya beberapa hari yang lalu menampal dak bocor pada kos kosan dimana dengan posisi lantai 2 sudah di granit dan di lantai dan tentu saja juga sudah ada penghuninya jadi dalam hal ini memang tidak mudah dalam memperbaikinya kecuali memang di lantai 2 belum ada bangunan sama sekali tentu saja ini akan lebih gampang.

Ok sekarang kita akan bahas keduanya dimana beberapa tips yang bisa anda lakukan sendiri di rumah dalam mengatasi permasalahan dak yang bocor ini.

Sebelumnya tentu saja kita juga harus memiliki tindakan preventif sehingga tidak di butuhkan lagi yang namanya perbaikan karena tentu saja akan memakan biaya. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat dak sehingga tidak bocor dan kuat nantinya setidaknya beberapa asepk diantaranya.

Tips Supaya dak Tidak Bocor

Permaslahan dak bocor memang tidak hanya terjadi di sebuah bangunan dalam skala kecil saja, namun sekelas hotel misalkan terkadang juga mengalami hal yang serupa meskipun mereka menggunakan readymix dalam proses pengecoran.

Maka kebanyakan terkadang kita akan menemukan sebuah struktur bangunan yang di doble dimana sudah menggunakan dak kemudian juga menggunakan plafon hal ini memang di desain supaya lebih aman karena jika sampai bocor tentu saja akan merusak pemandangan, tembok di sekitarnya menjadi lembab dengan meninggalkan bercak hitam.

  1. Usahakan ketika ngecor jangan sampai berhenti, nah ini tips yang nomer satu meskipun memang tidak 100% mencegah terjadinya kebocoran. Oleh karena itu dalam proses mengecor di lantai 2 usahakan sehari selesai.
  2. Buatlah model miring dalam dak rumah anda dimana tingkat kemiringan disini bisa setengah cm saja dengan tujuan jika belum sempat di bangun maka air hujan yang jatuh tidak menggenang dan cepat jatuh ke bawah.
  3. Tips selanjutnya adalah anda bisa lakukan proses penyiraman setelah sekitar 2 jam proses cor dak selesai. Ini dikamsudkan agar dak semakin kuat dan tidak mudah pecah. Proses penyiraman jangan tanggung usahakan sampai menggenang.
  4. Jika sudah semuanya sekarang anda bisa melakukan proses lain yang lebih aman dan di jamin dak tidak bocor dimana anda bisa menggunakan cat anti bocor merek waterprof dan yang lainya.
  5. Tips ke lima jika anda masih takut maka bisa di pasang kramik tentu saja dan sudah barang pasti anti bocor namun ini memang akan memakan biaya yang mahal jika terlalu lama di diamkan dan tidak di lanjut ke lantai 2nya.

Cara Mengatasi dak Bocor Bagian Atas

Sekarang kita masuk pada maslah inti dimana proses dak bocor memang tidak langsung dimana terkadang sudah memakan waktu puluhan taun bahkan dalam hitungan bulan jika memang proses pengecoran tidak sempurna dan banyak bolongnya. Nah untuk kondisi bocor pada bagian atas anda tidak perlu memanggil tukang bisa di kerjakan sendiri tentu saja.

Beberapa perlatan dan cara yang bisa anda lakukan sbb:

Cat anti bocor

Cat anti bocor

  1. Menggunakan Sika : Sika adalah salah satu semen anti bocor, anda bisa mengolahnya seperti semen biasa kemudian anda cari bagian mana yang bocor kemudian di tambal. Selain itu bisa juga anda tambahkan dengan jenis cairan sika sehingga semakin kuat, anda bisa membeli sika di toko bangunan terdekat ya.
  2. Menggunakan cat no drop: Ini adalah pilihan lain dimana jika tingkat keboroan tidak begitu banyak anda bisa menggunakan cat ini dimana kemarin admin membeli yang ukuran 1kg dengan harga 45 ribu saja. No drop juga tersedia dengan banyak warna dimana cocok digunakan untuk menambal baik dak sampai dengan bagian talang air.
  3. Kramik : Solusi paling ampuh memang anda pasang kramik saja dan dijamin ampuh menghilangkan bocor pada bagian atas jika memang sudah mentok idenya. Tiga langkah diatas memang sangat ampuh dalam mengatasi dak yang bocor dari atas jika memang belum di bangun.

Cara Mengatasi dak Bocor Bagian Bawah

Ini adalah kasus yang saya alami kemarin. Dimana dengan kondisi kos kosan yang sudah selesai di bangun tiba tiba kamar bawah airnya ada yang netes padahal sebelumnya normal. Apa penyebabnya ?

Ya ini adalah memang human eror dari tukang bangunanya dimana menggunakan air pada lantai atas terlalu banyak sehingga masih tertampung dalam dak dan setelah di pasang kramik kemudian debit air yang di dalam dak tidak bisa menguap dan akhirnya mengembun sampai netes ke kamar bagaian bawah.

Tentu saja kondisi ini sangat merugikan sekali bagi saya, dimana terpaksa penghuni yang sudah full di kamar bawah kemudian di takeover ke kamar atas sehingga 2 kamar bawah terpaksa di kosongkan karena harus mengalami proses perbaikan. Berdasarkan saran beberapa tukang termasuk tukang bangunan yang mengerjakan kos saya mereka menyuruh menunggu saja sampai debit air habis.

Secara ekonomi ini memang kurang efektif karena jika di kosongkan maka pemasukan dari 2 kamar itu tidak ada dong akhirnya saya mencari tukang yang lain kemudian ketemu. Saya perhatikan kira kira begini cara menyelesaikanya dan alhmudlillah sampai sekarang dak sudah normal kembali.

  1. Tentukan dulu di titik mana bocornya. Langkah pertama ini memang harus di lakukan dimana kemarin saya ada 3 titik bocor.
  2. Jika sudah ketemu titiknya kemudia si tukang mengambil martik dan menetel bagian yang bocoro di titik tersebut dimana di lebihkan sekitar 5 cm berbentuk lingkaran.
  3. Setelah itu di biarkan dulu dan benar airnya mengalir semakin kencang.
  4. Kita mulai proses perbaikan saja ya. Bahan Bahan yang dibtuhkan antara lain : Sika, Cairan Sika, Semen putih, Semen Biasa, Lem perekat anda bisa menggunakan jenis apa saja, kemudian sedikit pasir lembut.
  5. Semua bahan tadi di aduk dalam satu wadah bersih kemudian lubang yang di tetel tadi di tempel menggunakan bahan tersebut
  6. Usahakan proses penempelan di tekan sedikit sampai merata
  7. Tunggu sampai kering
  8. Selesai.

Nah itulah langkah demi langkah dan tips yang bisa anda lakukan jika memang menemukan kondisi dak rumah yang bocor baik dari atas atau yang sudah di bangun bagian atas kemudian air masih saja netes di bagian bawahnya. Semoga bisa bermanfaat ya dan selamat mencoba.